WHAT'S NEW?
Loading...

KERAJAAN TORAJA

Sejarah Kerajaan Toraja : Latar Belakang, Silsilah Kerajaan, Suku, Kebudayaan, Ekonomi dan Pengaruh 
SMAN 1 BATAM 

Kelompok 4, X IIS 2, SEJARAH PEMINATAN

Guru Pembimbing : Ibu Ella Septri Armila S.Pd.,M.H

     Team :
        - Aliffha Aranxa
    - Dafa Muwafaq Arsyandra
     - Elza Theofhillia
   - Firman Bani Remigius Purba
   - Jesika Gultom
  - Mario Hansel
     - Nabilah Restu Ditama
    - Selvi Putri Yunda
  - Titia Hesi
   - Ulfa Azizah 


KERAJAAN TORAJA
      A. LATAR BELAKANG KERAJAAN TORAJA 
                 Puang Tamboro Langi’ merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Kalindobulanan Lepongan Bulan (Tana Toraja). Menurut hikayat, dia turun dari langit di puncak Gunung Kandora di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja pada pertengahan abad 4. Selanjutnya oleh keturunannya, yakni Puang Bullu Mattua. 
                 Kerajaan Toraja dibagi menjadi 3 kekuasaan diatas sumpah yang disebut Basse Tallu Lembangna yaitu Makale, Sangalla’dan Mengkendek. 
                 Walaupun ketiga kerajaan ini berkuasa penuh memerintah dan mengatur wilayahnya masing-masing yang disebut Puang Basse Kakane Makale, Puang Basse Tanganna Sangalla, Puang Basse Adina Mengkendek, demikian secara simbolis masih ada Puang Tomatasak Kalindobulanan Lepongan Bulan yang menurut sejarah selalu dijabat oleh Puang Basse Tanganna Sangalla’ selama 13 periode mulai dari puang palodang sampai Puang Laso’Rinding (Puang Sangalla’). Salah satu alasannya karena Tongkonan Layuk Kaero yang merupakan Pusat (Keraton/Istana) Lepongan Bulan dibangun oleh Puang Patta La Bantan berada di wilayah Sangalla’.

        B. SILSILAH KERAJAAN TORAJA 
                1. Kerajaan Makale 
                       Raja tradisional atau Puang yang pernah berkuasa di Basse Kakanna Makale antara lain:
  1.        Puang Tiang Langi’ sebagai Puang Basse Kakanna Makale I, dengan gelaran Sullena Puang Bullu Matua lan padang ri Makale, solonna Puang Tiang Langi’ te Lipu Basse Kakanna
  2.       Puang Todierong, yang mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale II
  3.        Puang Polanga, mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale III
  4.       Puang Pate’dangan mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale IV
  5.       Puang Sugi’ mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale V
  6.       Puang Sui’ Lalong, mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale VI
  7.       Puang Parapa’ mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale VII
  8.       Puang Lolo Angin, mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale VIII
  9.       Puang Payung Allo, mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale IX
  10.       Puang Tumba’ Makongkan, mengganti Pamannya menjadi Puang Basse Kakanna Makale X
  11.       Puang Tarongko, mengganti ibunya menjadi Puang Basse Kakanna Makale XI
  12.       Puang Rante Allo alias Puang Tondon mengganti ayahnya sebagai Puang Basse Kakanna Makale XII di Lembang Makale dengan gelar Kepala Distrik Makale (1923-1943)
               2. Kerajaan Sanggala 
                      1.  Puang Sanda Boro (I), ayah Puang Lakipadada sekitar tahun 1257
          2.  Puang Palodang Dolo(II)
          3.  Puang Matasak Pattala Bantan (III) ada versi lain bahwa 
            Puang    Pattala Bantan adalah  Puang  Palodang yang pertama
          4. Puang Timban atau Puang Pasalin  I era perang luwu (IV)
          5. Puang Kapu’ Boro (V)
          6. Puang Paseno Langi’ (IV)
          7. Puang Tumba’ Paseno Langi’ (VII)
          8. Puang Tanggulungan (VII)
          9. Puang Samparaya (IX)
        10. Puang Galugu (X)
        11.  Puang Pabuaran Dolo (XI)
        12. Puang Tempang/Puang Tandiara’ (Raya Sampin I) (XII) 
        13. Puang Raya Sampin II (XIII)
        14.  Terjadi masa transisi.

C. SUKU TORAJA 
             Kata Toraja berasal dari bahasa Bugis, to riaja, yang berarti orang yang berdiam di Negara atas. Suku toraja adalah suku yang menetap di pegunungan dibagian utara Sulawesi selatan, Indonesia. Masyarakat Toraja hidup dengan mengamalkan falsafah kehidupan leluhur mereka yang disebut ‘tallu lolona’. Tallu lolona memiliki arti tiga kehidupan, yakni kehidupan manusia, kehidupan hewan, dan kehidupan lingkungan. Suku Toraja mengembangkan hubungan harmonis antara sesama makhluk (lolo tau, lolo patuan dan lolo tananan) serta hubungan dengan yang kuasa didasarkan pada nilai keutuhan yang saling menghidupkan. Oleh sebab itu, bagi masyarakat Toraja, kehidupan yang saling memberikan keuntungan antara manusia, hewan dan lingkungan merupakan bentuk kehidupan yang ideal. 
           Kehidupan yang saling memberi dan menguntungkan terhadap sesama makhluk akan menciptakan bentuk kehidupan yang indah dan damai. Prinsip hidup ini membentuk jati diri kepribadian orang suku Toraja yang selalu hidup bersanding dengan alam secara harmonis dan tidak dapat dilepaskan dari unsur alam. Selain itu, masyarakat toraja juga memiliki filosofis yang disebut dengan ‘tau’. Filosofis ‘tau’ ini memiliki empat pilar utama yang harus dijadikan sebagai arah hidup orang Toraja. Empat pilar tersebut adalah :
  1.       Sugi’ (Kaya)
  2.      Barani (Berani)
  3.       Manarang (Pintar)
  4.       Kinawa (Berhati Mulia, yakni memiliki nilai-nilai luhur, agamis dan bijaksana)

Seorang Toraja bisa disebut sebagai ‘tau’ (manusia) ketika telah mampu mengamalkan keempat pilar dasar tersebut. Kedewasaan manusia dalam budaya suku Toraja terjadi ketika pribadi seseorang benar-benar telah mampu mencerminkan falsafah dasar ‘tau’ tersebut.

D. KEBUDAYAAN SUKU TORAJA 
      1. Rumah Adat Tongkonan 
Rumah Tongkonan, Rumah Adat suku Toraja 
                      Tongkonan merupakan sebutan bagi rumah adat suku Toraja. Bentuknya yang unik seperti perahu, menjadi ciri khas  rumah tongkonan,  terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur  Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya menduduki atau tempat duduk. Hal ini karena dahulu tongkonan difungsikan sebagai tempat berkumpulnya bangsawan Toraja sambil duduk dan berdiskusi. Oleh sebab itu, Tongkonan disebut juga to ma’ parenta atau pusat pemerintahan. Banyak juga yang mengatakan bahwa rumah tongkonan ini hampir mirip dengan rumah gadang yang dimiliki sebagai kebudayaan suku Minangkabau. 

                     2. Ukiran Kayu
                               
 Motif-Motif Ukiran Kayu Suku Toraja
                             Ukiran Kayu merupakan perwujudan budaya Toraja. Setiap ukiran memiliki nama khusus. motifnya biasanya ada hewan dan tanaman yang melambangkan kebajikan selain itu ukiran kayu Toraja juga abstrak dan geometri.Alam sering digunakan sebagai dasar dari ornamen Toraja, karena alam penuh dengan abstrak dan geometri yang teratur . Suku Toraja menggunakan bambu untuk membuat ornamen geometris.

                    3. Rambu Solo 
                                 
Rambu Solo, Upacara Adat Pemakaman Suku Toraja   
                    Tana Toraja memang terkenal dengan keunikan kebudayaannya. Salah satu budaya Toraja yang unik adalah upacara pemakaman yang disebut Rambu Solo. Rambu Solo adalah suatu prosesi pemakaman masyarakat Tana Toraja, yang tidak seperti pemakaman pada umumnya.  Rambu Solo adalah upacara adat kematian masyarakat Toraja yang bertujuan untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju alam roh, yaitu kembali kepada keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempat peristirahatan. Upacara ini sering juga disebut upacara penyempurnaan kematian karena orang yang meninggal baru dianggap benar-benar meninggal setelah seluruh prosesi upacara ini digenapi. Ada 3 cara pemakaman : peti mati dapat disimpan dalam gua atau dimakam batu berukir dan digantung di tebing. Orang kaya kadang-kadang dikubur dimakam batu berukir. Beberapa daerah, gua batu digunakan menyimpan jenazah seluruh anggota keluarga. Patung kayu yang disebut tau-tau biasanya diletakkan di gua dan menghadap ke luar. Peti mati anak-anak digantung dengan tali disisi tebing. Tali tersebut biasanya bertahan selama setahun sebelum membusuk dan membuat petinya terjatuh.

                 4. Ritual Ma'nene 
Ritual Ma'nene suku Toraja 
                    Tridisi menggangti pakaian mayat di Tana Toraja Ma'nene namanya, kebudayaan dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ma’nene merupakan upacara adat mengganti pakaian mayat para leluhur. Upacara ini dilakukan setiap tiga tahun sekali dan biasanya pada bulan Agustus. Ritual Ma’nene dilakukan khusus oleh masyarakat Baruppu di pedalaman Toraja Utara. Masyarakat adat Toraja percaya bahwa jika ritual tersebut tidak dilakukan, maka sawah-sawah dan ladang mereka akan rusak oleh hama dan ulat yang datang tiba-tiba.
                Saat Ma’nene berlangsung, peti-peti mati para leluhur akan dikeluarkan dari makam-makam liang batu dan diletakkan di arena upacara. Baik jasad tersebut sudah tinggal tulang-belulang sampai yang masih utuh dibersihkan dengan cara dimandikan lalu pakaiannya diganti.
     Ritual Ma’nene dimulai dari seorang pemburu bernama Pong Rumasek yang menemukan jasad sesorang yang telah lama meninggal dunia terletak di bawah pepohonan dan hanya tinggal tulang-belulang. Merasa iba, Pong Rumasek membawa mayat tersebut ke rumah lalu merawat dengan semampunya.

               Tulang-tulang dari mayat tersebut dibersihkan lalu dibungkus dengan pakaian dan diletakkan di area yang lapang. Setelah memperlakukan mayat tersebut dengan baik, Pong tak menyangka mendapati sawah miliknya telah menguning dan panen sebelum waktunya. Ia beranggapan bahwa keberuntungan itu didapatkannya sebab ia telah merawat mayat yang ia temukan.  Sejak saat itu, Pong Rumasek menurunkan tradisi tersebut kepada keturunannya dan desa tempat ia tinggal dan hingga saat ini masih berjalan dengan baik.

                5. Bahasa 
                    Bahasa toraja adalah bahasa yang dominan di tanah toraja, dengan SA” dan sebagai dialeg toraja bahasa pertama. Ragam bahasa toraja antara lain kalumpang, mamasa, tae’, talondo toala’ dan toraja-sa’dan, dan termasuk dalam rumpun bahasa Melayu- Polinesia dari bahasa Austronesia. Pada mulanya, sifat geografis tana toraja yang terisolasi membentuk banyak dialek dalam bahasa toraja itu sendiri, beberapa dialek toraja menjadi terpengaruh oleh bahasa lain melalui proses transmigrasi, yang di perkenalkan sejak masa penjajahan. 

                6. Pakaian Adat
                       
Pakaian Adat Toraja 
  1.        Baju adat Toraja Seppa Tallung Buku untuk laki-laki. Pakaian adat toraja dikenal dengan Seppa Tallung Buku, berua celana yang panjangnya sampai lutu. Pakaian ini masih dilengkapkan dengan aksesoris lain, seperti Kandaure, Lipa’ , Gayang dan sebagainya. 
  2.        Sedangkan baju wanita , baju adat Toraja disebut Baju Pokko’. Baju Pokko’ berupa baju dengan lengan yang pendek. Warna kuning, erah, dan putih adalah warna yang paling sering.

           E. KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT TORAJA 
                    Sebelum masa orde baru ekonomi Toraja bergantung pada pertanian dengan adanya terasering di lereng-lereng gunung dan bahan makanan pendukungnya adalah singkong dan jagung. Banyak waktu dan tenaga dihabiskan suku Toraja untuk berternak kerbau, babi, dan ayam yang di butuhkan terutama untuk upacara pengorbanan dan sebagai makanan. Satu-satunya industry pertanian di toraja, yaitu pabrik kopi Jepang, Kopi Toraja .
                Dengan dimulainya orde baru pada tahun 1965 ekonomi Indonesia berkembang dan membuka diri pada inverstasi asing. Banyak perusahaan minyak dan pertambangan mutinasional membuka usaha baru di Indonesia. Masyarakat toraja, khususnya generasi muda, banyak yang berpindah untuk bekerja di perusahaan asing. Mereka pergi ke Kalimantan untuk kayu dan minyak dan Papua untuk menambang, dan kekota di Sulawesi dan Jawa. Perpindahan ini terjadi sampai tahun 1985.
                  Ekonomi toraja secara bertahap beralih menjadi pariwisata berawal pada tahun 1984. Antara tahun 1984 dan 1997, masyarakat Toraja memperoleh pendapatan dengan bekerja di hotel, menjadi pemandu wisata, atau menjual cenderamata. Timbulnya ketidak stabilan dan ekonomi social pada akhir 1990-an (termasuk berbagai konflik agama di Sulawesi)  telah menyebabkan pariwisata di toraja menurun secara drastis. 


            F. PENGARUH 
                      Suku Toraja memiliki pengaruh yang sangat besar bagi bangsa Indonesia, karena suku Toraja memiliki wilayah yang mampu menghasilkan kopi terbaik diIndonesia, dan banyak kebudayaan-kebudayaan unik yang membuat masyarakat luar datang hanya untuk mempelajari dan melihat kebudayaan mereka, secara tak langsung suku Toraja mampu membantu ekonomi bangsa Indonesia.


            G. KESIMPULAN 
                        Tana Toraja memiliki sejarah yang panjang dan layak diketahui. Termasuk kebudayaan-kebudayaan yang tidak kalah unik dibanding suku-suku lainnya di indonesia. Oleh sebab itu kita sebagai warga negara Indonesia berhak untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan suku yang berada diindonesia baik itu suku kita sendiri maupun suku-suku lainya lestarikanlah kebudayaan kita yang ada di indonesia tercinta ini.


               DAFTAR PUSTAKA 




11 komentar: Leave Your Comments

  1. Terima kasih , sangat membantu

    BalasHapus
  2. Butuh Jadwal Sabung Ayam S128?? Gabung yuk di Jadwal Sabung Ayam Paling Lengkap dan Update

    Nonton Sabung Ayam Setiap Hari Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    BalasHapus
  3. https://pokerbolamania.org/berita/7-trik-dan-tips-game-tembak-ikan
    7 Trik dan Tips Game Tembak ikan – Permainan Game Tembak ikan memanglah telah tidak asing sekali lagi untuk pemain judi on-line di indonesia
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : t.me/bolavita

    Baca Selengkapnya Tentang Prediksi Skor Bola Hiburan : EURO2020

    BalasHapus
  4. ayo bergabung dengan bolavita khusus new member lgsg di berikan 10%
    tanpa ribet dan masih banyak bonus2 lain nya
    semua di berikan tanpa ribet pelayanan terbaik 24 jam
    depo wd secepat kilat ^^ sabung ayam live

    info lbh lanjut :
    WA: +628122222995

    BalasHapus
  5. ayo bagi yg suka maen judi ayam on line sabung ayam pisau
    di bolavita tempat nya banyak sekali bonus2 menarik
    dan game2 on line terlengakap se indonesia
    dengan pelayanan 24 jam yg sangat ramah

    ayo segera daftar dan buktikan sendiri
    info lbh lanjut:

    WA: +62812-2222-995

    BalasHapus